Contoh Naskah Teks Pidato Singkat Tentang Mencontek Saat Ujian

Wah..wah..wah.. kalian pada nyari contoh pidato buat apa nih? ada tugaskah? males bikin pdato sendiri ya? tak bantuin deeeeeh, tapi.. dengan satu syarat. tinggalkan jejakmu dikomen yaaaaak. mari cekidooot



Yang terhormat Ibu (nama) selaku guru pembimbing
Beserta teman-teman sekalian yang saya sayangi dan saya banggakan

Bismillahirrahmanirrahim.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semua.


Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT. karena berkat rahmat dan hidayah-Nya kita masih dipertemukan diruangan yang sederhana ini dalam keadaan sehat tanpa kekurangan apapun, dalam rangka mendengarkan uraian pidato saya. Tidak lupa shalawat dan salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW, karena berkat karunianyalah kita semua dapat hadir disini

Untuk mempersingkat waktu, langsung saja saya akan menguraikan pidato saya dengan judul “Mencontek Saat Ujian.”

 Dilarang mencontek. Ini, tidak pernah ada hentinya bergaung di dalam suasana kelas belajar. Bahkan, saat mengerjakan pekerjaan rumah pun, guru-guru selalu memperingatkan siswanya agar tidak menjiplak hasil pekerjaan siswa lain.

Bukan pelajar kalau tidak mencontek. Ungkapan ini adalah ungkapan kecil yang tanpa sengaja sering terlontar dari mulut para pelajar sebagai balasan dari larangan sebelumnya.

Sebenarnya, apa sih mencontek itu? Menurut Wikipedia, mencontek adalah suatu tindakan tidak jujur yang dilakukan secara sadar untuk menciptakan keuntungan yang mengabaikan prinsip keadilan.

Mencontek sepertinya telah menjadi kebiasaan sebagian pelajar dari mulai siswa sd sampai mahasiswa. Cara menconteknya pun semakin beragam dan canggih. Kalau di zaman dulu contekan hanya ditulis di kertas kecil, di atas meja ataupun di dinding. Sekarang, contekan sudah bisa dikirim melalui sms dan browsing internet, atau  pun cara yang masih sering digunakan sampai sekarang. Menggunakan anggota tubuh.

Sebagian pelajar tentu disibukkan dengan adanya tugas dan ulangan harian. Ketika seorang pelajar tak bisa memposisikan dirinya dengan benar maka mencontek menjadi pilihan.

Mungkin awalnya pelajar itu mencontek karena tidak sempat belajar , anggap saja karena mengerjakan tugas malam harinya. Sebenarnya, banyak alasan bagi pelajar untuk memilih mencontek, tapi kemudahan dalam mencontek inilah yang menjadi factor utamanya, karena pengawas atau penjaga ujian yang terlalu longgar dalam mengawasi pelajar.

Semua tergantung dari mana sudut pandang kalian. Kalau dilihat dari sudut pandang si pembuat soal, tentu saja guru, dosen, tim pengawas mengadakan ujian untuk mengetahui seberapa besar ilmu yang telah diserap oleh siswanya. Tapi, bila dilihat dari sudut pandang siswa, adanya ujian mengharuskan mereka mendapat nilai yang baik. Jika tidak, mereka akan diberi nilai jelek di akhir ujian nanti.

Mencontek tentu saja memiliki sisi negatif, antara lain:
1. Membuat seseorang tergantung pada seseorang.
2. Membuktikan seseorang tidak bisa percaya diri.
3. Mencermikan orang yang tidak jujur.
4. Membangun sifat malas.
Tapi, ternyata mencontek juga memiliki dampak postif, antara lain:
1. Tidak sengaja belajar. Yang semulanya tidak tahu menjadi tahu
2. Solidaritas antar teman. Yang semula tidak saling mengenal lalu tiba-tiba menjadi akrab dan saling peduli karena berbagi jawaban
3. Mengasah kreatifitas dan membentuk mental. Menuangkan segala ide untuk mencontek, agar tidak tertangkap basah oleh pengawas.

Apakah mencontek itu berdosa?

Sebelum menjawab pertanyaan itu, jawablah terlebih dahulu pertanyaan ini.
Ketika kalian sedang melakukan aksi mencontek, apakah kalian merasa dag dig dug? Jawabannya adalah iya, kita merasa was-was, takut kalau- kalau aksi kita diketahui oleh pengawas.
Rasulullah SAW bersabda, “Kebajikan adalah bagusnya akhlak, sedangkan dosa adalah sesuatu yang menggelisahkan jiwamu dan kamu tidak suka apabila hal itu diketahui oleh orang lain.” (HR.Muslim)

Demikanlah pidato singkat dari saya. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua. Mohon maaf jika ada kesalahan, karna kesalahan datangnya dari saya dan kesempurnaan hanyalah milik Allah SWT. saya akhiri dengan,
wabilahitaufikwalhidayah wassalamualaikum
warahmatullahi wabarakatuh



Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara mendekati/menggaet kakak kelas senior cowok

Nonton Film Dibalik 98 online gratis